Senin, 11 April 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA KELAS III





DISUSUN OLEH:
1.    Dwi Erni Susanti                    (A1G008035)

Anggota Kelompok
2.    Aneng Puspita Sari                (A1G008001)
3.    Ayu Susilawati Wardani       (A1G008023)
4.    Dede PuspitaSari                   (A1G008026)
5.    Fitria Zulni                              (A1G008043)
6.    Heri Santoso                          (A1G008047)

Dosen pengampu :
Dra. V. Karjiati, M.Pd.

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2011




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : III / 2
Materi                          : JENIS DAN BESAR SUDUT
Alokasi Waktu            : 2 x 35 Menit (1 x Pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
7. Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar.
B. Kompetensi Dasar
      4.2 Mengidentifikasi berbagai jenis dan besar sudut
C.    Indikator
§ kognitif
Produk
1.   Menentukan jenis-jenis sudut
2.   Membuat jenis sudut lancip, siku-siku, dan tumpul.
Proses
1.   Mendeskripsikan pengertian sudut.
2.   Menjelaskan strategi dalam menggambar jenis-jenis sudut.
§ Afektif
Mengembangkan prilaku karakter
a.  Melaksanakan tugas dengan tanggunga jawab
Mengembangkan prilaku social
a.  Mampu berkomunikasi lisan dengan baik
§ psikomotorik
a.  Melakukan komunikasi yang meliputi pengamatan, bertanya, dan berpendapat.
b. Menuliskan kesan visual terhadap jenis-jenis sudut.
D.    Tujuan Pembelajaran
§  kognitif
Produk
1. Diberikan media gambar gambar bangun datar, siswa dapat menunjukan bagian- bagian sudutnya.
2.   Dengan bimbingan guru menggunakan media gambar-gambar sudut di depan kelas siswa dapat siswa dapat menentukan jenis-jenis sudut.
3.   Melalui bimbingan guru siswa dapat menggambarkan sudut lancip, sudut siku-siku, dan sudut tumpul
Proses
1.   Melalui tanya jawab yang dibimbing oleh guru dengan menggunakan media gambar siswa mengungkapkan pengertian sudut.
2.   Guru memberikan strategi menggambarkan jenis-jenis sudutl lancip, siku-siku, dan sudut tumpul.
§ Afektif
Mengembangkan prilaku karakter
a.  Melaksanakan tugas dengan tanggunga jawab
Mengembangkan prilaku social
a.  Mampu berkomunikasi lisan dengan baik
§ psikomotorik
a.       Melakukan komunikasi yang meliputi pengamatan, bertanya, dan berpendapat.
b.       Menuliskan kesan visual terhadap sifat-sifat kubus dan balok.
E.     Model/Metode Pembelajaran
1.      Tanya jawab.
2.      Demonstrasi
3.      Penugasan
4.      Pemecahan masalah (problem solving) dengan bimbingan guru.
F.     Materi
1.      Bangun datar sederhana
G.    Sumber Pembelajaran
1.      Buku Sekolah Elektronik matematika SD Kelas III.
2.      Kurikulum KTSP, 2006.
3.      Silabus SD kelas III.
H.    Alat dan Bahan
1.      Media gambar:
·         bangun datar persegi dan segi tiga
·         gambar-gambar sudut
2.      Media konkrit
I.       Kegiatan Pembelajaran (2 x 35 menit)
Pendahuluan (± 10 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan / Tidak
A.    Kegiatan awal
-       Guru membuat RPP
-       Guru menyiapkan alat peraga
-       Anak-anak berdoa
-       Guru mengkondisikan kelas untuk siap belajar
Terlaksana / Tidak
B.     Kegiatan membuka
-       Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan    pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan “jenis dan besar sudut”.
-       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Terlaksana / Tidak

Inti (± 45 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan / Tidak
1.      Menyampaikan informasi tentang konsep sudut
Terlaksana / Tidak
2.      Menggunakan media gambar Guru menjelaskan materi pembelajaran sudut,
Terlaksana / Tidak
3.      Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa tentang hal-hal yang dianggap belum jelas.
Terlaksana / Tidak
4.      Guru memberikan media tentang bentuk-bentuk sudut, kemudian membimbing siswa untuk menentukan jenis-jenis sudut.
Terlaksana / Tidak
5.      Guru membimbing siswa untuk menggambar jenis sudut lancip, siku-siku, dan sudut tumpul.
Terlaksana / Tidak
6.      Guru memberikan penghargaan secara verbal kepada siswa yang aktif.
Terlaksana / Tidak
7.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya apabila ada yang belum jelas mengenai materi pembelajaran.
Terlaksana / Tidak
8.      Guru bersama siswa mencari jawaban tentang hal-hal yang belum dipahami.
Terlaksana / Tidak

Penutup (± 15 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Keterlaksanaan / Tidak
1.   Siswa menyimpulkan materi pembelajaran dengan bimbingan guru.
Terlaksana / Tidak
2.   Guru memberikan evaluasi kepada siswa.
Terlaksana / Tidak
3.   Guru memberikan tindak lanjut kepada siswa berupa Pekerjaan Rumah (PR).
Terlaksana / Tidak
4.   Guru menutup pembelajaran dengan pesan dan kesan yang baik.
Terlaksana / Tidak

J.      Evaluasi
1.      Penilaian Proses          : Pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung.
2.      Penilaian Hasil            : Tertulis (Essay).





LKS
Nama              :
Kelas               :
Hari / Tanggal :

Perintah: gambarkan jenis-jenis sudut di bawah ini

1. Tiga sudut siku-siku.
2. Lima sudut lancip yang ukurannya berbeda.
3. Lima sudut tumpul yang ukurannya berbeda.





Lembar Evaluasi

Amatilah antara pukul 2 siang sampai pukul 5 sore, tentukan jenis sudut yang terbentuk oleh kedua jarum jam pada tiap jamnya! Masukan dalam table berikut.
pukul
Jenis sudut yang terbentuk
14.00
15.00
16.00
17.00
….
….
….
….



Lembar Penilaian
1.      Penilaian Proses
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Keseriusan dalam pembelajaran
Keaktifan dalam belajar
Sikap dan perilaku dalam pembelajaran
Jumlah nilai
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4


















































































































































































































































Keterangan :
1 = kurang       3 = baik
2  = cukup        4 = baik sekali

2.      Penilaian Konsep
1.      Prosedur    : Post Test
2.      Bentuk      : Essay
3.      Jenis          : Tertulis
4.      Penskoran : jumlah soal = 4, 1 soal nilainya 2,5 skor = 4 x 2,5 = 10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar